Wednesday, April 10, 2019

Kantor BPS Kabupaten Rokan Hilir di Resmikan oleh Kepala BPS RI



ROHILOKE.COM - Bagansiapiapi - Setalah selama 18 tahun dan sering berpindah pindah kantor, ahirnya gedung baru kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) diresmikan langsung oleh Kepala BPS RI Dr Suhariyanto, Selasa (9/4).

Gedung baru yang menelan anggaran hampir dua miliar yang berada di Bagan Punak Meranti itu, diresmikan dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala BPS RI Dr Suhariyanto dan Bupati Rohil H Suyatno.

Kepala BPS Rohil Budianto dalam laporannya mengatakan, keberadaan BPS sangat membantu pemerintah daerah dan pusat untuk mendukung program baik jangkan pendek, menengah maupun jangka panjang. 

Dikatakannya, sejak terbentuknya Kabupaten Rohil, pada tahun 2000 BPS juga sudah hadir di Rokan Hilir dengan beberapa kali pindah kantor. Namun pada tahun 2013 BPS Rohil baru mendapatkan pengadaan tanah kantor dengan luas lahan 1486 m² dan sudah memiliki sertifikat hak pakai. 

Setelah lima kali pindah kantor, pada DIPA BPS Rohil 2018 baru tercantum anggaran pembangunan. Namun anggaran itu sempat diberi tanda bintang karena adanya moratorium pembangunan gedung kantor di Kabupaten Rohil.

"Dengan keluarnya izin prinsip atau rekomendasi dari Mentri Sekretaris Kabinet, barulah dimulai pembangunannya pada tanggal 11 juli 2018 dan selesai 17 desember 2018," ungkap nya. 

Proses pembangunan kantor BPS ini la jut dia, dillakukan dengan cara lelamg terbuka dengan luas kantor 310m² dengan biasa fisik sebesar Rp 1,9 miliar.  "Harapan kami tahun 2020 pembangunan areal landscape dapat terealisasi," sebutnya. 

Bupati Suyatno dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kepala BPS RI yang bersedia memberikan anggaran pembangunan gedung baru ini. Menurutnya, posisi kantor BPS ini , letaknya sangat strategis berada dijalan Kecamatan. 

Oleh sebab itu, Suyatno mengajak semua pihak termasuk camat Bangko, beserta penghulu dan RT RW sama-sama menjaga gedung ini. Karena keberadaan BPS ini adalah untuk kepentingan rakyat dalam menjalankan pembangunan. 

Sementara itu, Kepala BPS RI Dr Suhariyanto berharap, dengan adanya gedung baru ini dapat menambah semangat bekerja pegawai BPS untuk menghasilkan data statistik yang akurat dan berkualitas.  

Terlebih lagi, BPS ini lembaga pemerintah non kementrian yang bertanggungjawab kepada presiden. Dimana BPS mengumpulkan data dan melaporkannya dua kali dalam sebulan untuk digunakan pemerintah menjalankan program pembangunan. 

"Untuk mendapatkan data akurat dan berkualitas, BPS tidak bisa kerja sendiri,  BPS perlu dukungam dari masyarakat dengan memberikan jawaban sejujurnya," tandasnya. (syawal)